Berpikir Kritis di Jaman Modern

Dalam abad ke-21 atau jaman “modern” saat ini, perkembangan teknologi, baik itu di bidang sains, informatika dan lain-lain, semakin cepat berkembang dan semakin maju seiring berjalannya waktu. Saat ini kita sedang berada dalam masa yang orang-orang sering sebut sebagai “Jaman Informasi” yang disebabkan karena kemunculan Internet dan perkembangan media massa serta sosial yang juga merupakan perwujudan dan buah dari perkembangan teknologi.

Akibat dari perkembangan media tersebut, tak hanya kita semakin terhubung dengan berbagai orang/tempat di seluruh belahan dunia, informasi akan kejadian yang terjadi dalam kehidupan nyata di berbagai tempat juga menjadi lebih cepat tersebar. Tak hanya itu, kita juga semakin terekspos dengan budaya luar baik melalui aktivitas sosial di jejaring sosial maupun melalui hiburan yang kita tonton di televisi, film ataupun website pengunggah video seperti youtube.

Tentu saja, hal ini tidaklah datang tanpa masalahnya tersendiri. Dengan mudahnya tersebar dan terjangkaunya informasi, propaganda dan budaya asing yang membawa pengaruh buruk juga ikut mudahnya terselundup. Jika tidak berhati-hati, moral yang kita harus junjung tinggi dapat menjadi rusak jika kita ikut terpengaruh.

Salah satu pilihan untuk mengatasi masalah ini adalah menolak mengikuti perkembangan jaman dan mengisolasi diri. Akan tetapi, melakukan hal tersebut hanya akan mengasingkan kita dari seluruh dunia dan membuat kita mejadi tertinggal. Jadi idealnya kita harus bisa dapat mengikuti jaman “modern” serta menerima budaya/pola pikir yang baik sambil dapat memilah hal-hal yang dapat berakibat buruk bagi kita.

Jadi bagaimana kita dapat memilah benar dan salah? Selain memiliki panduan dalam berpikir dan moral yang kuat, kita juga memerlukan satu hal lagi.

Yaitu pikiran yang kritis.

Jadi apa kriteria seseorang yang memiliki pikiran kritis? Orang yang berpikir kritis tidaklah hanya sekedar mencerna informasi begitu saja, akan tetapi mereka juga menganalisa informasi tersebut, membandingkan fakta, serta mencari tahu hal-hal dibalik informasi tersebut (dari mana datangnya, bagaimana bisa terjadi, dan seterusnya)

Jadi bagaimana caranya agar menjadi kita dapat lebih berpikir kritis akan suatu hal?

Gunakanlah pikiran setiap saat.

Sebagai contoh, saat kita mendengar berita akan suatu kejadian, kita jangan hanya mencerna apa yang terjadi. Pikirkanlah mengapa kejadian itu dapat terjadi. Apa yang mendorong pihak terlibat dalam cerita sehingga berbuat hal tersebut. Lalu lihatlah bagaimana sang penyampai berita menceritakan kejadian. Poin penting apa yang berusaha disampaikan atau apa yang menjadi fokus dalam berita tersebut.

Contoh lain adalah buku fiksi. Penulisan cerita merupakan suatu cara umat manusia berkomunikasi akan satu sama lain dalam menyampaikan hukum sebab-akibat. Banyak penulis fiksi menggunakan karya/cerita yang mereka tulis untuk menyebarkan pesat/amanat tertentu. Ketika membaca salah satu karya tersebut, pikirkanlah apa yang sang pengarang hendak sampaikan melalui karya itu. Bagaimana ia mengartikulasikan idenya dan manakah ide yang kau setujui atau tidak dalam karya tersebut.

Lalu, teruskanlah bertanya akan segala hal. Pertanyakan segala informasi tanpa langsung menolaknya begitu saja. Lalu pertanyakanlah dan tantanglah pandangan, kebiasan serta pola pikirmu. Bagilah dan diskusikan hal tersebut dengan orang lain, lalu amatilah respon mereka dan pahamilah apa yang membuat mereka merespon seperti itu.

Akan tetapi, yang harus digaris bawahi di sini adalah berpikir kritis tidaklah berarti berpikir sinis akan segala hal. Hal yang penting untuk diketahui adalah berpikir kritis merupakan bentuk empati dan juga pengertian, bahkan untuk perilaku, tindakan atau sudut pandangan yang bertentangan dengan prinsip kita atau tidak.

Masih banyak lagi yang dapat kita lakukan agar kita dapat menjadi pemikir yang lebih kritis. Akan tetapi mudah-mudahan saja hal yang saya telah sampaikan dapat menjadi batu loncatan untuk mecapai hal tersebut.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s